DOSEN : Dra NURHAYATI, S.Psi, M.Si
BOBOT : 2 SKS
PROGRAM : S-1 PAUD
TUJUAN
Setekah mata kuliah ini selesai diharapkan mahasiswa memiliki wawasan tentang konsep dasar filsafat, prinsip filsafat, cabang dan aliran filsafat, manfaat filsafat, perkembangan filsafat pendidikan, implementasi dan implikasinya terhadap kebijakan pendidikan.
DESKRIPSI
Dalam perkuliahan ini dibahas makna filsafat, prisip filsafat, cabang dan aliran filsafat, perbedaan filsafat dan ilmu pengetahuan lainnya, hubungan filsafat dan pendidikan, makna filsafat pendidikan, aliran/madzab filsafat pendidikan, konsep dan permasalahan fisafat pendidikan Pancasila.
PENDEKATAN PEMBELAJARAN
EVALUASI
KeKehadiran, laporan bab, penyajian dan diskusi, UTS, UAS.
La
RINCIAN MATERI PERKULIAHAN
Pertemuan 1 : Lingkup & kegiatan kuliah, dan makna filsafat
Pertemuan 2 : Prinsip-prinsip filsafat
Pertemuan 3 : Manfaat filsafat
Pertemuan 4 : perbedaan filsafat dengan ilmu pengetahuan lainnya
Pertemuan 5 : Cabang-cabang filsafat
Pertemuan 6 : Hubungan filsafat dengan pendidikan
Pertemuan 7 : Konsep dan rumusan filsafat pendidikan
Pertemuan 8 : Aliran filsafat pendidikan
Pertemuan 9 : Ujian tengah semester
Pertemuan 10 : Filsafat Pendidikan Idealisme dan Realisme
Pertemuan 11 : Filsafat pendidikan Materialisme dan Pragmatisme
Pertemuan 12 : Filsafat pendidikan Eksistensialisme Progresivisme
Pertemuan 13 : Filsafat pendidikan Perenialisme, Esensialisme, dan Rekonstruksionalisme
Pertemuan 14 : Pengaruh Psikologi terhadap filsafat pendidikan
Pertemuan 15 : Filsafat pendidikan Pancasila
Pertemuan 16 : Implikasi fisafat Pancasila bagi pendidikan di Indonesia
Pertemuan 17 : Ujian akhir semester
DAFTAR BUKU
Mudyahardjo, Redja. (2000) Landasan Filosofis Pendidikan. Bandung FIP Universitas Pendidi