BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

waktuku hari ini


Get your own Digital Clock

Kamis, 17 September 2009

Makna Besar Sebuah Kartu Ucapan




Baru sadar ketika diingatkan anakku bahwa hari ini hari yang memiliki tanggal unik 20-09-2009. Keunikkan muncul ketika tanggal dan bulan disatukan menjadi jumlah tahun yang pas dan tanggal itu bertepatan dengan hari Idul fitri tahun ini. Disamping keunikan pada tanggal Idul Fitri tahun ini pun relatif lebih kompak hal ini tampak dari dua organisasi Islam yaitu NU dan Muhamadyah menetapkan sholat Id yang sama. Dan yang tak kalah penting buronan teroris asal Malaysia tertangkap menjelang hari raya Idul Fitri. Tentunya hal ini cukup disambut baik oleh semua kalangan.

Adanya keunikan tanggal, adanya kekompakkan pelaksanaan Idul Fitri , dan tertangkapnya gembong teroris yang telah buron 9 tahun Nurdin M Top memberikan harapan dan semangat kepada bangsa ini. Harapannya semoga tiga hal tersebut akan berdampak positif bagi masyarakat Indonesia. Ke depan semoga bangsa besar ini semakin bersatu dan semakin meningkat kesejahteraannya.

Sebenarnya kegiatan berpuasa di bulan Ramadhan yang ditutup dengan 1 Syawal sebagai hari raya Idul Fitri adalah program rutin tahunan umat Islam di seluruh dunia. Tetapi menjadi berbeda ketika perayaan hari Raya Idul Fitri dirayakan umat Islam di Indonesia ada kolaborasi indah antara kebiasaan Islam dan budaya asli Indonesia. Salah satu hasil kolaborasi itu adalah adanya kegiatan halal bi halal.

Halal bi halal dilakukakan hampir di semua kalangan umat Islam Indonesia. Di hari pertama hari raya biasanya mereka mengadakan halal bi halal antar lingkungan rumah terdekat baik dengan saudara maupun tetangga sambil mengisi liburan bagi pekerja yang memang sedang mendapat fasilitas libur lebaran. Setelah libur lebaran habis mereka akan kembali bekerja umumnya mereka tidak langsung bekerja tetapi didahului dengan acara kegiatan halal bi halal dengan teman-teman sekantor, bawahan, dan pimpinan. Beberapa kantor atau instansi menganggarkan untuk kegiatan ini menjadi kegiatan khusus yang diharapkan dapat mempererat silaturakhim di antara mereka. Untuk kegiatan halal bi halal kadang tidak cukup dilaksanakan di lingkungan kantor tetapi bila anggaran memungkinkan mereka akan booking ruang pertemuan di gedung maupun hotel dengan biaya yang kadang kala cukup besar.

Lalu bagamana dengan orang-orang Indonesia yang karena hal-hal tertentu tidak dapat berhalal bi halal dengan komunitasnya? Dapat digantikan dengan kartu ucapan yang tersedia di toko-toko buku. Sebelum marak penggunaan komunikasi lewat SMS (via telepon seluler ataupun CDMA) dan era sekarang sedang boming facebook lewat internet kartu ucapan sangat dicari oleh orang-orang untuk menyampaikan ucapan Idul Fitri keapada sahabat maupun kerabat.

Era emas kartu ucapan dalam bentuk cetakan sebagai primadona media silaturakhim saat hari raya yang dikirim melalui pos sudah terlewati. Hal ini dasadari benar oleh PT POS Idul Fitri tahun ini menyiapkan kartu hari raya gratis dalam jumlah ratusan ribu lembar di seluruh kantor pos di Indonesia. Tujuannya perusahaan ini tidak ingin penjualan produk perangkonya menurun drastis seperti tahun-tahun lalu karena masyarakat lebih tertarik menyampaikannya via SMS atau facebook. Wal hasil tahun ini kembali terdongkrak masyarakat yang menggunakan kartu ucapan dengan menggunakan jasa pos walaupun masih belum sebagus di era emasnya beberapa tahun lalu.

Usaha PT Pos Indonesia menyediakan kartu hari raya gratis dengan tujuan agar produk perangkonya ada penningkatan penjualan bukan hal yang sia-sia tetapi masih mengalami kendala karena ternyata berbagai kartu ucapan pun dapat dikirim via email maupun face book. Dan pengiriman kartu ucapan oleh para penggunaan internet baik yang menggunakan email, face book, maupun blog cukup marak. Kartu ucapan yang mereka gunakan pun memiliki lebih banyak varian untuk dipilih. Tentang pengirimannya pun jauh lebih mudah, praktis, dan murah dalam artian kita tidak memerlukan ongkos transpor karena harus pergi ke kantor pos cukup dengan akses internet lalu klik mouse kita untuk mencari, memilih, dan mengirimkan kartu.

Ada beberapa catatan tentang makna kartu ucapan bagi para penggunanya, di antaranya: 1) Mempererat tali silaturakhim, 2) Kartu dengan gambar-gambar lucu menjadi hiburan tersendiri, dan 3) Kartu dapat dijadikan koleksi pribadi yang suatu saat dapat mengungkap kenangan.

Kesibukan atau karena beberapa hal menyebabkan kita tidak dapat bertemu langsung untuk bertatap muka, bersilaturakhim, atau berhalal bi halal saat hari raya bersama orang-orang yang kita cintai. Untuk sementara kartu ucapan dapat difungsikan sebagai pengganti kehadiran kita di antara mereka. Artinya sampai kapanpun kartu ucapan hari raya akan senantiasa diperlukan oleh para penggunanya hanya saja harus menyesuaikan dengan kondisi dan perkembangan teknologi.







0 komentar: