MATA KULIAH : Filosofis Pendidikan DESKRIPSI Dalam perkuliahan ini dibahas makna filsafat, prisip filsafat, cabang dan aliran filsafat, perbedaan filsafat dan ilmu pengetahuan lainnya, hubungan filsafat dan pendidikan, makna filsafat pendidikan, aliran/madzab filsafat pendidikan, konsep dan permasalahan fisafat pendidikan Pancasila. PENDEKATAN PEMBELAJARAN EVALUASI KeKehadiran, laporan bab, penyajian dan diskusi, UTS, UAS. La RINCIAN MATERI PERKULIAHAN Pertemuan 1 : Lingkup & kegiatan kuliah, dan makna filsafat Pertemuan 2 : Prinsip-prinsip filsafat Pertemuan 3 : Manfaat filsafat Pertemuan 4 : perbedaan filsafat dengan ilmu pengetahuan lainnya Pertemuan 5 : Cabang-cabang filsafat Pertemuan 6 : Hubungan filsafat dengan pendidikan Pertemuan 7 : Konsep dan rumusan filsafat pendidikan Pertemuan 8 : Aliran filsafat pendidikan Pertemuan 9 : Ujian tengah semester Pertemuan 10 : Filsafat Pendidikan Idealisme dan Realisme Pertemuan 11 : Filsafat pendidikan Materialisme dan Pragmatisme Pertemuan 12 : Filsafat pendidikan Eksistensialisme Progresivisme Pertemuan 13 : Filsafat pendidikan Perenialisme, Esensialisme, dan Rekonstruksionalisme Pertemuan 14 : Pengaruh Psikologi terhadap filsafat pendidikan Pertemuan 15 : Filsafat pendidikan Pancasila Pertemuan 16 : Implikasi fisafat Pancasila bagi pendidikan di Indonesia Pertemuan 17 : Ujian akhir semester DAFTAR BUKU Mudyahardjo, Redja. (2000) Landasan Filosofis Pendidikan. Bandung FIP Universitas Pendidi
DOSEN : Dra NURHAYATI, S.Psi, M.Si
BOBOT : 2 SKS
PROGRAM : S-1 PAUD
TUJUAN
Setekah mata kuliah ini selesai diharapkan mahasiswa memiliki wawasan tentang konsep dasar filsafat, prinsip filsafat, cabang dan aliran filsafat, manfaat filsafat, perkembangan filsafat pendidikan, implementasi dan implikasinya terhadap kebijakan pendidikan.
Kamis, 31 Maret 2011
Silabus untuk Bunda-Bunda di Program S-1 PAUD
Diposting oleh bundacahaya di 16.19
Langganan:
Posting Komentar (Atom)




0 komentar:
Posting Komentar