BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

waktuku hari ini


Get your own Digital Clock

Rabu, 04 November 2009

TOT Pelatih KML Spesial Penegak dan Pandega Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur




Rata Kiri




Dengan menggunakan seting tempat di Taruna Loka Pacet Mojokerto, 30 Oktober sampai 1 November 2009 Kwarda Jatim melaksanakan kegiatan TOT (traning of trainer} para pelatih yang akan ditugaskan di kegiatan KML spesial penegak dan pandega. Kegiatan iKML yang tersebar di beberapa wilayah Jatim ini akan dilaksanakan 18 - 22 November 2009 bertempat di sekitar Pemandian air panas-Tahura-Vila Narwastu Claket Pacet.

Disamping calon pelatih KML TOT juga diikuti oleh Ka Pusdiklatcab se Jatim. Kegiatannyat tidak hanya monoton di dalam ruangan di luar ruangan. Pada aat pelaksanaan peserta tidak berkgiatan di satu lokasi tetapi beberapa lokasi karena menggunakan sistem perkemahan berpindah.

Untuk para pelatih Surabaya mungkin lebih beruntung karena KMD khusus penegak dan pandega yang baru saja dilaksanakan seminggu lalu tidak lebih adalah uji coba untuk kegiatan KML Kwarda Jatim. Hasilnya memang "pramuka banget". artinya alam terbuka yang ada dijadikan media dan sumber belajar bagi peserta. Kita kembalikan lagi bahwa pramuka erat terkait dengan alam terbuka. Karena pada dasarnya alam terbuka adalah laboratorium sekaligus perpustakaan yang memiliki koleksi tidak terbatas. Dan kalau kita mau explor hasilnya akan luar biasa.

Kegiatan TOT memang didomanasi peserta putra tetapi putri juga ada. Sekalipun minoritas putri cukup memberi warna lebih segar dalam kegiatan ini. Ini data nama putri yang ikut serta dalam TOT: 1) K Achya/Bondowoso, 2) K. Min/Sidoarjo, 3) K Hanik/ Malang Kab, 4)K Farida dan Kis/Malang Kota, 5)K Yayuk/Pamekasan, K Elya/Kediri, K susi dan K Nur/Surabaya. Coba lihat-lihat foto di atas warna tersendiri kan? Apalagi saat peluncuran .... seru juga banyak yang siap meluncur. Mantap deh putrinya.

Harapan kita semoga usaha KwardaJatim untuk memiliki kualitas pelatih sejatim yang berkualitas sama di setiap wilayah akan terwujud. Juga kebutuhan pembina penegak/pandega yang selama ini kekurangan semoga dengan kegiatan KML tingkat Jatim akan terpenuhi. Amin.





0 komentar: